ASUHAN KEPERAWATAN ANAK DENGAN CEREBRAL PALSY

Asuhan Keperawatan Anak Dengan Cerebral Palsy - Artikel kali ini yaitu mengenai Asuhan Keperawatan Anak Dengan Cerebral Palsy. dimana asuhan keperawatan tersebut perlu penanganan yang lebih optimal sehingga penulis tertarik untuk menyajikan Asuhan Keperawatan Anak Dengan Cerebral Palsy.


CEREBRAL PALSY

Definisi
Cerebral Palsy adalah suatu gangguan nonspesifik yang disebabkan oleh abnormalitas system motor piramida (motor korteks, basal ganglia, dan otak kecil) yang ditandai dengan kerusakan pergerakan dan postur pada serangan awal.

Patofisiologi
·        Adanya malformasi pada otak, penyumbatan pada vaskuler, atropy, hilangnya neuron dan degenerasi laminar akan menimbulkan narrower gyr, saluran sulci dan berat otak rendah.

·        Anoxia merupakan penyebab yang berarti dengan kerusakan otak, atau sekunder dari penyebab mekanisme yang lain. CP dapat dikaitkan dengan premature yaitu spastic diplegia yang disebabkan oleh hypoxic infarction atau hemorrhage dalam ventrikel

·        Type athetoid/ dyskenetik disebabkan oleh kernicterus dan penyakit hemolitik pada bayi baru lahir, adanya pigmen berdeposit dalam basal ganglia dan beberapa saraf nuclei cranial. Juga dapat terjadi bila basal ganglia mengalami injury yang ditandai dengan tidak terkontrol; pergerakan yang tidak disadari dan lambat.

·        Type CP hemiparetic, karena trauma pada kortek atau CVA pada arteri cerebral tengah. Cerebral hypoplasia; hypoglycemia neonatal dihubungkan dengan ataxia CP.

·        Spastic CP yang paling sering dan melibatkan kerusakan pada motor korteks yang ditandai dengan ketegangan otot dan hiperesponsif. Reflex tendon yang dalam akan meningkatkan dan menstimulasi yang dapat menyebabkan pergerakan sentakan yang tiba-tiba pada sedikit atau semua ekstremitas.
·        Ataxia CP adanya injury dari serbelum yang mana mengatur koordinasi, keseimbangan dan kinestik. Akan tampak pergerakan yang tidak terkoordinasi pada ekstremitas atas bila anak memegang/ menggapai benda. Ada pergerakan berulang dan cepat namun minimal.

·        Rigid/ tremor/ atonic CP ditandai dengan kekakuan pada kedua otot fleksor dan ekstensor. Type ini mempunyai prognosis yang buruk karena ada deformitas multiple yang terkait dengan kurangnya pergerakan aktif.

·        Secara umum cortical dan antropy cerebral menyebabkan beratnya kuadriparesis dengan retardasi mental dan microcephaly.

Komplikasi
·        Kontraktur
·        Sering mengalami infeksi pernafasan karena kurangnya aktivitas
·        Retardasi mental
·        Konstipasi
·        Gangguan pendengaran

Etiologi
·        Prenatal; tetratogens, rubella, toxoplasmosis, CMP (cytomegalovirus), syndrome genetic, abnormal chromososm, malformasi otak, infeksi intrauterine, masalah fetal/ fungsi plasenta, preeklamsia, komplikasi persalinan.

·        Perinatal; sepsis, infeksi CNS, premature, asfiksia, toximea, trauma lahir, anoxia, diabetes, perinatal, perdarahan intrakranial.

·        Postnatal; infeksi, trauma dan stroke
·        Childhood; meningitis, injury otak, toxin

Manifestasi Klinis
·        Terlambatnya perkembangan pergerakan kasar
·        Abnormal reflex dan penampilan gerakan
·        Abnormal postur dan tonus otot
·        Kejang
·        Abnormal pada reflex moro, plantar, palmar
·        Gangguan pada intelektual
·        Tanda-tanda yang perlu diwaspadai; pada fisik; kurang kontrol pada daerah kepala setelah usia 3 bulan, kejang dan kaku pada lengan dan kaki, selalu terdorong ke bawah/ postur tidak rata, tidak dapat duduk tanpa support, hanya menggunakan beberapa anggota badan.
·        Tingkah laku; iritabel, mudah menangis, tidak dapat senyum/ respon pada usia 3 bulan, kesukaran dalam makan, sering cekukan atau muntah bila makan. Setelah usia 6 bulan lidah mendorong makanan ke luar dari mulut.
Klasifikasi spastic
·        Spastic; hypertonicity dengan kurangnya kontrol pada postur tubuh, keseimbangan dan pergerakan koordinasi. Kerusakan ketrampilan gerakan halus dan kasar. Pergerakan aktif yang meningkat pada postur dan berlebihan pada salah satu anggota tubuh.
·        Dyskinetic/ athetoid; pergerakan abnormal yang tidak disadari, athetosis, ditandai dengan pergerakan lambat, biasanya pada ekstremitas, bahu, otot wajah dan lidah. Adanya dysartria.
·        Ataxic: seperti jalan menyeret, cepat, pergerakan mengulang, disintegrasi pergerakan pada ekstremitas atas ketika anak akan menggapai benda
·        Mixed/ dystonic: kombinasi spasticity dan athetosis

Pemeriksaan Diagnostik
·        Riwayat dan gambaran klinik
·        Pemeriksaan reflex
·        EEG
·        CT
·        Pemeriksaan elektronik

Penatalaksanaan Terapeutik
1.      Terapi fisik
·        Brances (alat penyokong)
·        Splint (pembalutan)
·        Casting (pemasangan gibs)
2.      Alat-alat; kursi roda atau yang lainnya
3.      Terapi kerja; menulis, makan, minum, dll (ADL)
4.      Terapi bicara
5.      Pendidikan khusus
6.      Terapi medik; spastic, nyeri, sekunder kondisi, kejang, masalah bowel dan bladder


Demikian definisi umum cerebral palsy. untuk Asuhan Keperawatan Anak Dengan Cerebral Palsy dapat dilihat pada artikel Asuhan Keperawatan Anak Dengan Cerebral Palsy II

Related Posts:

0 Response to "ASUHAN KEPERAWATAN ANAK DENGAN CEREBRAL PALSY"

Posting Komentar