EKONOMI KESEHATAN

EKONOMIKA KESEHATAN

Salah satu cabang dari keilmuan ekonomi yang berfokus kepada alokasi sumber daya pada bidang kesehatan. Hal ini muncul menjadi penting dikarenakan ekonomika kesehatan memiliki peranan seperti :
a.       Memiliki pengaruh dan kontribusi sektor kesehatan terhadap perekonomian
b.      Permasalahan ekonomi yang dihadapi individu dalam menjaga dan meningkatkan kesehatan implikasinya terhadap kebijakan nasional
c.       Isu-isu kesehatan memiliki elemen ekonomi subtansial

METODE EKONOMI DAN CONTOH ANALISIS
a.       Kelangkaan sumber daya sosial
b.      Asumsi atas pengambilan keputusan yang rasional
c.       Konsep analisis marginal
d.      Penggunaan metode ekonomi

DAPATKAH ANALISIS EKONOMI DIAMPLIKASIKAN TERHADAP KESEHATAN SERTA PERAWATAN (HEALTH CARE)
a.       Kelangkaan jasa kesehatan
b.      Pendekatan-pendekatan ekonomi untuk meneliti sektor kesehatan
c.       Jasa kesehatan merupakan pilihan pasien
d.      Rational decision
e.      Pengaruh harga

APAKAH SEKTOR KESEHATAN BERBEDA
a.       Seberapa jauh konsep ekonomi kesehatan diaplikasikan ?
Konsep ekonomi kesehatan dapat diamplikasikan dengan memenuhi indikator-indikator seperti dapat mengatur harga dan pelayanan kesehatan yang memenuhi kelangkaan sumber daya sosial dengan konsep analsis marginal dan metode ekonomi yang baik, namun semua itu tergantung kultur dan budaya setempat.
b.      Adanya ketidak pastian (Kenneth Arrow, 1963) dalam sektor kesehatan terjadi ketidakpastian dalam pelayanan, baik dari sisi permintaan ataupun penawaran, pasien tidak memiliki garansi untuk kesehatan mereka dimasa datang dan dari sisi penawaran, dokter sering tidak dapat memastikan hasil perawatan yang diberikan.
c.       Pentingnya asuransi
Asuransi adalah salah satu metode garansi untuk melidungi dirinya dari ketidakpastian dan resiko, maka dari itu penyedia jasa kesehatan memiliki peranan dalam analisis ekonomi.
d.      Masalah asymetric information
Ketidakpastian terkadang bersumber dari sedikitnya informasi yang tersedia, informasi tidak menyebar antara dokter dan tenaga kesehatan ataupun pasien serta penyedia asuransi, dalam analisis ekonomi standar, dapat diasumsikan bahwa konsumen terkadang tidak mengetahui seberapa kompeten dokter dan rumah sakit penyedia jasa. Pasien juga acapkali tidak mengetahui sakit yang diderita dan apa yang harus dilakukan saat sakit, maka dari itu asymetric information dapat menimbulkan conflict of interest antara principal/konsumen dan agen/penyedia jasa.

PERAN PERUSAHAAN NON PROFIT
Dalam ilmu ekonomi, ekomon berasumsi dengan tujuan memaksimalka pendapat, namun banyak perusahaan disektor kesehatan yang bersifat non-profit, lalu apa yang memotifasi perusahaan untuk berproduksi untuk memperoleh keuntungan? Ekonom harus mengerti awal mula dari perusahaan non profit serta perbedaan perilaku, maka dari itu jika kita berkerja dalam bidang jasa maka yang dijual adalah pelayanannya, maka seberapa bagus pelayanan yang anda berikan?

RESTRIKSI PADA KOMPETISI

 Kompetisi akan terjadi jika bidang tersebut memiliki keuntungan yang bagus, maka dari itu kompetisi akan mengakibatkan meningkatnya jumlah perusahaan dan mengurangi harga dan meningkatnya utility konsumen. Maka dari itu pelayanan yang baik akan menjadi tujuan utama konsumen kesehatan.

Related Posts:

0 Response to "EKONOMI KESEHATAN"

Posting Komentar