PENGKAJIAN KEPERAWATAN PADA ANAK

A.   KEADAAN UMUM

B.    RIWAYAT
1.      Identitas
2.      Nama, usia, alamat, nomor telepon, tempat tanggal lahir, sumber pendukung, tingkat pendidikan.
3.      Riwayat kesehatan
4.      Riwayat kelahiran, tumbh kembang, imunisasi, hospialisasi, injuri, alergi, dan pengbatan
5.      Pola kebiasaan
6.      Pola makan damn minum, kebersihan, tidur/istirahat, aktifitas/bermain dan eliminasi

C.   RIWAYAT PENYAKIT
1.      Keluhan utama
2.      Alasan masuk rumah sakit
3.      Factor pencetus
4.      Lamanya sakit

D.   PENGKAJIAN

1.    Pengkajian Umum
a.       TTV (Tanda-Tanda Vital)
-          Suhu tubuh; pengukuran suhu melalui mulut; dilakukan pada anak usia >6 tahun axila dapat dilakukan pada anak usia <4-6 tahun, rectal; dilakukan jika tampa kontra indikasi, dan pengambilan didaerah timpani.
-          Nadi; kuat, lemah, ada atau tidak, teratur/tidak teratur. Pengukuran nadi area apeks untuk anak usia <6 tahun dan area radial untuknak usia >6 tahun
-          Pernafasan; kedalamannya, irama, kesimetrisannya, ada/tidaknya retraksi, menggunakan otot-otot alat bantu nafas, posisi yang nyaman, cuping hidung, teratur/tidaknya pernafasan.
-          Tekanan darah; sistolik/diastolic dan tekanan nadi.
b.      Tinggi badan
c.       Berat badan
d.      Lingkar kepala
e.       Lingkar dada, pengukurannya tepat pada putting susu

2.    Sistem kardiovaskuler
a.       Nadi apeks; irama dan kwalitas
b.      Bunyi jantung
-          Bunyi jantung 1 ; terdengar jelas pada apeks jantung, yang merupakan bunyi dari hasl penutupan katup mitral dan tricuspid, dengan nada bunyi “LAB”
-          Bunyi jantung 2 ; terdengar jelas pada dasar jantung, yang merupakan bunyi dari hasil penutupan katub aorta dan pulmonal.
-          Dengarkan juga bunyi ekstra seperti, “MURMUR”
c.       Nadi perifer;irama teratur tidak teratur, ada/tidaknya pada perabaan radial, popliteal, pedis dorsalis, bedakan antara nadi ekstremitas atas dan bawah.
d.      Tingkat aktifitas, apakah mengalami dyspnea, atau palpitasi saat diam atau aktifitas.
e.       Kulit, pucat/tidak, cyanosis, diaphoresis (Keringat banyak), ada atau tidaknya nadi perifer.

3.    Sistem penafasan
a.       Penampilan umum
-          Tingkat aktifitas; ada/tidaknya cyanosis saat melakukan aktifitas
-          Perilaku
b.      Pemeriksaan dada
-          Paru dan bunyi nafas
-          Dengarkan semua 5 lobus (2 lobus pada paru kiri dan 3 lobus pada paru kanan)
-          Dengarkan area pada anterior dan posterior
-          Dengarkn juga udara yang keluar masuk
-          Karekteriktik bunyi;
·         Bunyi trakea; sangat keras, tinggi, kasar terdengar diatas trakea ekstratoraks
·         Bunyi bonkial; keras, tinggi, tubular, terdengar diatas manubrium
·         Bronkovesikuler; bunyinya sedang dan terdengar di area bronkus atau dekat suprasternal
·         Vesikuler; bunyi halus dan lembut, terdengar pada perifer paru
-          Dengarkan bunyi yang abnormal;
·         Krepitasi, rales (suara gemeretak) yaitu ronki; ada ronki basah dan kering, yaitu menunjukan ada atau tidaknya cairan dalam saluran pernafasan, ronki kering yaitu adanya secret yang kental pada jalan nafas dan biasanya pada penyakit asma dan bronchitis. Suara berirama dan nyaring. Ronki kasar yaitu suara berirama dan nyaring (suara bergemereciknya cairan dalam kapitas yang berhubungan dengan bronkus atau jalan nafas besar). Ronki halus; menunjukan adanya udara yang melewati bagian jalan nafas yang lebih kecil dan berisi cairan.
·         Whezzing
·         Suara redup atau tidak adanya suara.
-          Pernafasan; kedalaman, usaha bernafas, irama, ada/tidaknya retraksi dada, sternal,intercostals, subklavikula, ada/tidaknya cuping hidung, bernafas melalui mulut. Pola nafas.

4.    System pernafasan
a.       Tingkat kesadaran; GCS
b.      Tingkah laku;
-          Iratabel
-          Mood
-          Kemampuan intelektual, bicara, membaca, menulis
-          Proses pikir
c.       Fungsi pergerakan; kekuatan tampa tahanan, koordinasi, fungsi gerakan halus. Pergerakan ekstremitas, ada/tidaknya paralisis, mati rasa, gaya berjalan.
d.      Fungsi pupil; midriasis atau miosisis (melebar/mengecil), ukurannya isokor atau anisokor (sesuai/tidak sesuai) dan kaji reflex cahaya.
e.       Fungsi sensori
-          Status reflex; bicep, trisep, brankioradialis, patella, akiles,plantar, dan reflex abdomen.
-          Saraf cranial
-          Respon teradap nyeri atau suhu
-          Uji penglihatan
-          Periksa pendengaran; meliputi bagian eksternal, dan uji saraf kedelapan.

5.    System musculoskeletal
a.       Gaya berjalan
b.      Persendian;
-          Kesimetrisan
-          Pergerakan
-          Ada/tidaknya edema, kemerahan dan kontraktur.
-          Dapat/tidaknya melakukan aktifitas.
c.       Periksa area tulang belakang; skoliosis, lordosis dan lainnya.
d.      Kesimetrisan otot otot, tulang dan punggung

6.    System limpatik
Lakukan palpasi area limpa

7.    System gastrointestinal
a.       Pengkajian abdomen; kesimetrisan, karekteristik umbilicus, auskultasi bising usus pada 4 kuadran, ada/tidaknya, distensi, tedernes, hepatomegaly/splenomegaly, kaji turgor kulit dan mual-muntah.
b.      Kebiasaan BAB, Konsistensi tinja, frekwensi, warna, dan bau.
c.       Periksa rectal.

8.      Sistem perkemihan dan genitalia
a.       System perkemihan dan ginjal
Nyeri daerah pinggang dan suprapubis, dysuria,edema; scrotal, periorbital, perifer, frekwensi perkemihan, menangis saat kemih, inkontinnsia, karakteristik urine;bau warna, status hidrasi; turgor kulit dan berat jenis uine.
b.      Genitalia
-          Edema
-          Iritasi
-          Lesi
-          Kesimetrisan skrotum dan testis
-          Meatus uretra (kemerahan)

9.      Refleks
a.       Rooting; akan hilang pada usia 3-4 bulan
b.      Menghisap
c.       Moro
d.      Tonus leher; kepala tertinggal dibelakang pada saat penarikan untuk posisi duduk hilang pada usia 3-4 bulan.
e.       Berjalan atau melangkah
f.        Babinski; tidak ada pada usia 9 bulan
g.      Mata boneka; pada saat dilakukan pemutaran tubuh
h.      Memegang atau mengengam

E.       PENGKAJIAN KELUARGA
1.      Anggota keluarga
2.      Pola komunikasi
3.      Pola interksi
4.      Pendidikan atau pekerjaan
5.      Kebudayaan dan keyakinan
6.      Fungsi keluarga dan hubungan






Related Posts:

0 Response to "PENGKAJIAN KEPERAWATAN PADA ANAK"

Posting Komentar